6 Persiapan SEO untuk Blog Baru

6 persiapan seo untuk blog baru6 Persiapan SEO untuk Blog Baru - Perlukah mempersiapkan SEO untuk blog baru? Apa efeknya bagi blog? Tidak masalah jika sobat belum bisa menjawab pertanyaan tersebut. Tapi sekarang saya akan kembali bertanya,

Apakah sobat ingin blog muncul di halaman awal hasil pencarian google atau tenggelam diantara ribuan blog yang diluncurkan setiap bulan didunia?

Apakah sobat ingin blognya banyak pengunjung dan terkenal?

Jika jawabannya YA, maka lanjutkan membaca.

Banyak blogger pemula yang masih awam dengan dunia optimasi search engine atau SEO, dan ketika membuat blog baru mereka tidak mempersiapkannya dengan baik dan benar. Persiapan SEO untuk blog baru dilakukan dengan maksud untuk membuat blog bisa lebih mudah di index oleh mesin pencari, sehingga tujuan jangka panjangnya sendiri supaya blog dapat lebih mudah di temukan oleh pengguna internet.

Tidak sedikit blogger pemula yang masih kebingungan dan tidak tahu harus dari mana mempersiapkan blog baru dari segi SEO. Nah untuk itu, di artikel ini saya akan mencoba untuk membagi langkah-langkah yang perlu sobat lakukan dalam mempersiapkan SEO untuk blog baru.

Apa saja langkah-langkahnya? Berikut 6 Persiapan SEO untuk Blog Baru :

Riset Kata Kunci untuk Nama Blog(URL Domain/ Subdomain) dan Alamat URL Artikel

Langkah pertama, lakukanlah riset kata kunci untuk menentukan nama blog sobat. Gunakan Google Keyword Planner untuk membantu melakukan riset kecil ini, pilihlah kata kunci yang mendapatkan jumlah kunjungan cukup banyak dalam pencarian tiap bulannya (1000 pencarian per bulan) dengan tingkat persaingan LOW, tapi tidak menutup kemungkinan untuk tetap menggunakan kata kunci dibawah 1000/ bulan(misal hanya 100 pencarian perbulan). Mengapa? Karena kita tidak pernah tahu bagaimana potensi kata kunci tersebut kedepannnya, jadi sebelum digunakan untuk nama blog oleh orang lain, sobat bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Baca : Cara mendapatkan backlink berkualitas

Pilihlah kata kunci yang terdiri dari dua sampai tiga kata yang mudah diingat dari kata kunci yang sobat bidik. Jika kata kunci yang sobat bidik ternyata sudah digunakan oleh nama blog lain, cobalah untuk mengubah-ubah kata-kata tersebut menjadi susunan baru yang masih mengandung arti dan tentu saja tidak mengurangi jumlah pencarian.

Jangan memaksakan sebuah kata untuk masuk menjadi nama blog yang pada akhirnya menjadi nama yang tidak natural dan lucu. Tetap lakukan utak-atik nama-nama yang telah sobat temukan dan cari kembali berapa jumlah pencarian kata baru tersebut setiap bulannya.

Untuk blog baru tetap gunakan kata kunci saja, jangan mencoba untuk menggunakan kata-kata yang berupa brand atau merek yang sobat ciptakan sendiri. Mengapa? Karena blog sobat masih baru, kata kunci yang berada pada nama URL blog sangat membantu untuk bisa tampil menonjol daripada jika sobat menggunakan nama merek.

Membuat Blog

Langkah berikutnya buat blog dengan alamat URL menggunakan kata kunci yang telah sobat dapat dengan riset diatas, jika belum memiliki modal untuk membuat blog dengan self hosting, membuat blog di blogger bisa sobat pertimbangkan lho.. Seperti saya yang belum punya modal hehe..

Mengapa memilih blogspot?

Baca : Cara membuat blog di blogspot

Alasan apalagi yang bisa saya sampaikan selain karena blogspot merupakan anak perusahaan dari Google, sehingga diharapkan bisa mendapatkan perhatian yang lebih (tentunya dengan artikel yang berkualitas dan bermanfaat). Selain itu, apabila blog sobat memang bagus, bukan tidak mungkin bisa mendaftar Google adsense. Nah untuk hal yang satu ini, di blogspot sobat sudah bisa mendaftar langsung dari dashboard-nya..

Bagaimana, sangat dimudahkan oleh pihak blogger kan?

Tapi tidak ada salahnya jika sobat ingin membuat blog dengan platform wordpress, sekalian membiasakan diri jika memang nantinya (proyek jangka panjang) sobat ingin memiliki blog dengan self-hosted.

Baca : Cara membuat blog di wordpress

Pemilihan Template yang Tepat

Langkah berikutnya, pemilihan template yang tepat yang perlu sobat pertimbangkan. Bagaimanapun juga template sangat berpengaruh terhadap performa blog nantinya. Dan jika sobat bertanya kepada saya, maka saya akan rekomendasi kriteria template seperti berikut :

1. SEO Friendly, pemilihan template yang seo friendly diharapkan dapat membantu meningkatkan performa blog pada hasil pencarian mesin pencari atau SERP. Dengan begitu, otomatis akan meningkatkan pula pengunjung blog nantinya.

2. Responsive, menjadi pertimbangan lain di era gadget sekarang. Pengguna internet yang lebih bervariatif memanfaatkan gadget untuk online menjadi hal yang perlu sobat pikirkan, jika template yang dipilih responsive maka tidak akan menjadi masalah tampilan blog diakses dari media manapun/ apapun.

Baca : Apa itu Domain Authority dan Page Authority

3. Mobile Friendly, selain gadget. Smartphone juga menjadi media yang perlu dipikirkan kehadirannya, karena kepraktisannya banyak pengguna yang online dari media ini. Untuk menyesuaikan, maka template yang mobile friendly perlu sobat pilih sebagai template blog.

4. No Error Structure Data, merupakan aspek yang mempengaruhi performa blog. Structure data dengan error yang berjumlah banyak dipercaya dapat mengakibatkan penurunan peringkat blog, jadi tidak ada salahnya jika sekalian saja sobat pilih template yang sudah menyertakan kriteria ini.

Baca : Cara tepat memilih template blog

Buat Akun Webmaster Tools

Setelah selesai membuat blog, langkah berikutnya membuat akun webmaster tools dan daftarkan blog baru tersebut disana. Hal ini dilakukan supaya sobat bisa memantau interaksi antara mesin pencari dan blog sobat, apabila terjadi kesalahan maka sedini mungkin sobat bisa mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Selain itu, langkah ini merupakan langkah awal dari SEO tingkat lanjut yang bisa diterapkan lagi nantinya. Jadi tidak ada salahnya sobat persiapkan langkah ini sejak awal.

Posting 1-2 Artikel

Posting 1-2 artikel yang sudah sobat persiapkan. Mengapa langsung melakukan posting artikel? Tidak ada yang secara pasti dari para blogger senior merekomendasikan untuk langsung memposting artikel atau tidak. Namun dengan memposting artikel, sobat sekaligus melakukan test index.

Apakah dari template yang sobat gunakan bisa terindex dengan cepat atau terbilang lambat, dari sini sobat bisa mempertimbangkan untuk mengganti template sebelum blog sobat ramai pengunjung nantinya.

Submit Blog dan Alamat URL Artikel ke Mesin Pencari

Melakukan submit blog ke mesin pencari sangat penting untuk dilakukan, jika memungkinkan lakukanlah pada Google, Yahoo dan Bing (Yahoo dan Bing sekarang sudah merger).

Apa tujuan melakukan submit blog?

Supaya blog sobat lebih dikenali oleh setiap mesin pencari, artinya blog sobat telah terdaftar di database yang mereka punya. Nah, ketika ada pengunjung internet yang mencari blog sobat dapat dikenali dan muncul pada hasil pencarian mesin pencari.

Hal yang serupa juga sobat lakukan pada alamat URL artikel, dengan tujuan yang sama sehingga artikel akan dengan cepat terindex dan ketika ada pengunjung internet yang mencari informasi dengan kata kunci yang sesuai dengan judul atau materi artikel sobat diharapkan bisa muncul dan menambah kunjungan blog sobat.

Demikian 6 persiapan SEO untuk blog baru yang sudah saya praktekkan langsung dengan blog ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait dengan Belajar SEO

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 21.05

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger