Apa itu LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword?

Apa itu Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword? - Dalam SEO Onpage, konten atau artikel merupakan sebuah wadah yang sempurna untuk menyebarkan kata kunci secara optimal. Baik itu kata kunci utama, kata kunci turunan maupun Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword. Mungkin ada sebagian dari sobat yang belum familiar dengan LSI keyword? Itulah yang akan kita bahas kali ini.

apa itu lsi keyword

Pengertian LSI Keyword?


LSI (Latent Semantic Indexing) keyword adalah kata atau sekumpulan kata yang memiliki relevansi dengan kata kunci utama. Relevansi tersebut bisa saja sinonim (persamaan kata) atau kesamaan topik.

Fungsi LSI Keyword

LSI keyword diperkenalkan sebagai sebuah alternatif solusi dari masalah keyword stuffing atau kerapatan kata kunci yang berlebihan pada sebuah artikel. Relevansi artikel menjadi perhatian dari Google sebagai pengganti terlalu rapatnya kata kunci pada sebuah artikel yang akibatnya kurang enak ketika dibaca oleh user.

Dahulu penilaian peringkat salah satunya berdasar kerapatan kata kunci, permasalahannya jika sebuah artikel memiliki 10 kata kunci dalam artikelnya dan artikel lain yang baru diposting memiliki 11 kata kunci apakah artikel pertama akan kalah peringkatnya? Dengan alasan inilah Google mengubah penilaian kerapatan kata kunci menjadi relevansi kata kunci.

Meskipun begitu, kerapatan kata kunci tidak harus ditinggalkan begitu saja. Sobat tetap bisa menggunakan teknik ini dengan batasan dalam satu artikel cukup 3-5% saja dari total jumlah kata yang digunakan.

Cara Mendapatkan LSI Keyword

Untuk mengetahui LSI keyword ternyata tidak susah, bahkan ada cara yang sobat biasa menjumpainya kok.. Ada beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk membantu menemukan LSI keyword ini, bagaimana caranya? Cek it dot..

1. Google Search
Tools terbaik untuk mendapatkan LSI keyword adalah Google search, sobat bisa melakukan riset seperti sobat sedang browsing biasa saja. Tinggal memperhatikan hal-hal seperti yang terdapat pada gambar saja.

apa itu lsi (latent semantic indexing) keyword

Kata lanjutan yang muncul dalam huruf tebal dan beberapa rangkaian kalimat dibagian bawah hasil pencarian sebelum fitur ganti halaman yang biasanya menggunakan logo Google.

2. GKP Tool
Tools berikutnya untuk mencari LSI keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner. Bagaimana caranya? Seperti biasa ketika sobat hendak melakukan riset keyword. Bisa dilihat dari gambar dibawah.

apa itu lsi (latent semantic indexing) keyword

Cara Menggunakan LSI Keyword

Untuk dapat menggunakan LSI keyword, dibagi menjadi dua seperti halnya SEO itu sendiri yaitu :

LSI Keyword On page

LSI keyword On page dapat diletakkan dibeberapa tempat seperti :
  • Bagian judul artikel dan isi artikel
  • Meta description dan meta tag
  • Internal link yang terletak pada isi artikel
Intinya, penggunaan LSI keyword untuk mengatasi pengulangan kata kunci yang itu-itu saja. Dengan LSI keyword, kata kuncinya jadi lebih bervariatif, sehingga menjadi lebih segar dan tidak membuat pembaca artikel menjadi bosan karena kata kunci yang itu-itu saja.

LSI Keyword Off page

LSI keyword Off page dapat digunakan seperti :
  • Mencari/ berburu backlink dengan anchor text
Ketika sobat melakukan blogwalking untuk mendapatkan backlink, menggunakan LSI keyword dapat memperkaya kata kunci sehingga tidak monoton, selain itu backlink yang sobat dapat menjadi kelihatan lebih natural.

Natural backlink merupakan salah satu hal yang disukai Google, maka cara ini dipercaya bisa membantu menaikkan peringkat blog juga.

Nah, demikian penjelasan mengenai apa itu LSI keyword, semoga sobat lebih mengerti ya.. Dan yang lebih bagus lagi bisa mempraktekkannya di blog sobat agar lebih SEO lagi.

Artikel Terkait dengan Belajar SEO

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 12.24

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger