Sejarah Perubahan Algoritma Google

Setiap tahun, Google mengubah algoritma pencarian sekitar 500-600 kali. Sementara sebagian besar perubahan hanya bersifat kecil, Google sesekali mengeluarkan update algoritmik "besar" (seperti Google Panda dan Google Penguin) yang mempengaruhi hasil pencarian secara signifikan.


sejarah perubahan algoritma google

Untuk pemasar, mengetahui tanggal update Google ini dapat membantu menjelaskan perubahan dalam peringkat dan lalu lintas situs web organik dan pada akhirnya meningkatkan optimasi mesin pencari. Di bawah ini, Google telah memiliki daftar perubahan algoritmik besar yang memiliki dampak terbesar pada pencarian.


Skema Penamaan

Tidak ada alasan tertentu bagaimana penamaan Google update. Penamaan update yang pertama disebut "Boston" oleh pengguna Webmaster Dunia, seperti yang diumumkan pada SES Boston. Beberapa update berikutnya ("Cassandra", "Dominic", "Esmerelda") juga disebut oleh pengguna WMW (Webmaster World), mirip dengan nama badai. Setelah beberapa bulan "Google Dance" berakhir, sistemnya tidak digunakan. Kemudian update diberi nama oleh berbagai sumber, termasuk WMW, dan blog pencari utama dan forum. Sesekali Google memberi nama update-nya seperti "Kafein", sementara beberapa nama update Google yang lain "Vince" dan "Panda" yang dinamai insinyur Google.

Update 2000

Google Toolbar - Desember 2000
Menjamin argumen SEO untuk tahun-tahun kedepan, Google meluncurkan toolbar browser mereka yaitu Toolbar Browser PageRank (TBPR). Begitu semua orang mulai memperhatikan TBPR, saat itulah Google Dance dimulai.

Update 2002

Dokumentasi Update Pertama - September 2002
Sebelum "Boston" (nama yang diberikan pada update pertama), ada perubahan besar pada musim gugur 2002. Rinciannya kurang jelas, tapi perkiraan proses ini membutuhkan waktu lebih dari update bulanan Google Dance dan PageRank.

Update 2003

Boston - Februari 2003
Diumumkan pada SES Boston, ini adalah pertama kalinya Google update diberi nama. Awalnya, Google bertujuan update bulanan, namun ternyata beberapa update pertama adalah kombinasi dari perubahan algoritma dan menyegarkan indeks utama (yang disebut "Google Dance"). Karena update menjadi lebih sering, maka ide update bulanan menjadi ditinggalkan.

Cassandra - April 2003

Google menindak beberapa masalah dasar soal kualitas link, seperti menghubungkan secara besar-besaran dari co-domain dimiliki. Cassandra juga turun keras pada teks tersembunyi dan link tersembunyi.

Dominic - Mei 2003

Sementara banyak perubahan yang diamati pada bulan Mei, sifat yang sebenarnya dari Dominic tidak jelas. Google bot "Freshbot" dan "Deepcrawler" menjelajahi web, dan banyak situs yang dilaporkan bouncing. Cara Google menghitung atau melaporkan backlink tampaknya berubah secara dramatis.

Esmeralda - Juni 2003

Ini menandai terakhir dari update Google rutin bulanan, sebagai proses update lebih berkelanjutan mulai muncul. "Google Dance" diganti dengan "Everflux". Esmerelda digembar-gemborkan mempunyai kemungkinan mengalami beberapa perubahan infrastruktur besar di Google.

Fritz - Juli 2003

Bulanan "Google Dance" akhirnya berakhir dengan "Fritz" update. Alih-alih merombak indeks kasar bulanan, Google beralih ke pendekatan bertahap. Indeks ini sekarang berubah setiap hari.

Indeks Tambahan - September 2003

Dalam rangka untuk meng-indeks lebih banyak dokumen tanpa mengorbankan kinerjanya, Google memisahkan beberapa hasil ke dalam indeks "tambahan". Dengan memiliki hasil tambahan ini, akhirnya menjadi topik hangat yang diperdebatkan dalam topik SEO, sampai indeks kemudian re-integrasi.

Florida - November 2003

Ini adalah update yang menempatkan update (dan mungkin industri SEO) pada peta. Banyak situs kehilangan peringkat, dan pemilik bisnis yang marah. Florida terdengar seperti lonceng kematian bagi taktik SEO 90an dengan nilai rendah, seperti isian kata kunci, dan membuat persaingan menjadi jauh lebih menarik.

Update 2004

Austin - Januari 2004
Apa yang terlewatkan oleh Florida, Austin hadir untuk melengkapi. Google terus menjatuhkan pada taktik on-page yang menipu, termasuk teks tak terlihat dan META-tag isian. Beberapa berspekulasi bahwa Google menempatkan "Hilltop" algoritma ke dalam bermain dan mulai mengambil halaman relevansi serius.

Brandy - Februari 2004

Google meluncurkan berbagai perubahan, termasuk ekspansi besar-besaran indeks, Latent Semantic Indexing (LSI), peningkatan perhatian untuk jangkar relevansi teks, dan konsep link "lingkungan". LSI diperluas kemampuan Google untuk memahami sinonim dan mengambil analisis kata kunci ke tingkat berikutnya.

Google IPO - Agustus 2004

Meskipun jelas tidak update algoritma, sebuah peristiwa besar dalam sejarah Google - Google dijual 19M saham, mengangkat $ 1.67T di ibukota, dan menetapkan nilai pasar lebih dari $ 20T. Per Januari 2005, harga saham Google lebih dari dua kali lipat.

Update 2005

Nofollow - Januari 2005
Untuk memerangi spam dan mengontrol kualitas outbound link, Google, Yahoo dan Microsoft bersama memperkenalkan "nofollow" atribut. Nofollow membantu membersihkan unvouched untuk link, termasuk komentar blog spam. Meskipun tidak update algoritma tradisional, perubahan ini secara bertahap memiliki dampak yang signifikan pada grafik hubungan.

Allegra - Februari 2005

Webmaster menyaksikan peringkat perubahan, tetapi secara spesifik pembaruan yang tidak jelas. Beberapa berpikir Allegra mempengaruhi "sandbox" sementara yang lain percaya bahwa LSI telah bekerja. Selain itu, beberapa berspekulasi bahwa Google mulai menghukum link yang mencurigakan.

Bourbon - Mei 2005

"GoogleGuy" (mungkin Matt Cutts) mengumumkan bahwa Google telah meluncurkan "sesuatu seperti 3,5 perubahan kualitas pencarian". Tidak ada seorang pun yakin apa 0,5 dari perubahan itu, tetapi anggota Webmaster Dunia berspekulasi bahwa Bourbon mengubah cara duplikat konten dan non-kanonik (www vs non-www) URL diperlakukan.

Personalized Search - Juni 2005

Tidak seperti usaha-usaha sebelumnya di personalisasi, yang diperlukan pengaturan khusus dan profil, 2005 roll-out dari personalisasi pencarian disadap langsung ke pengguna? sejarah pencarian untuk secara otomatis menyesuaikan hasil. Meskipun dampaknya kecil pada awalnya, Google akan pergi untuk menggunakan riwayat pencarian untuk banyak aplikasi.

XML Sitemaps - Juni 2005

Google memungkinkan webmaster untuk mengirimkan Sitemaps XML melalui Webmaster Tools, melewati Sitemaps HTML tradisional, dan memberikan SEO langsung (meskipun kecil) pengaruh atas merangkak dan indeksasi.

Gilligan - September 2005

Juga disebut "False" update? webmaster melihat perubahan (mungkin sedang berlangsung), namun Google mengklaim tidak ada update algoritma besar terjadi. Matt Cutts menulis posting blog yang menjelaskan bahwa Google update (pada saat itu) data indeks harian tapi Toolbar PR dan beberapa metrik lainnya hanya sekali setiap 3 bulan.

Jagger - Oktober 2005
Google merilis serangkaian update, sebagian besar ditargetkan pada link berkualitas rendah, termasuk hubungan timbal balik, koleksi link, dan link dibayar. Jagger diluncurkan di setidaknya 3 tahap, dari sekitar bulan September sampai November 2005, dengan dampak terbesar terjadi pada bulan Oktober.

Google Local / Maps - Oktober 2005

Setelah meluncurkan Pusat Bisnis Lokal pada Maret 2005 dan mendorong perusahaan untuk memperbarui informasi mereka, Google bergabung Data Maps ke dalam LBC, dalam sebuah langkah yang pada akhirnya akan mendorong sejumlah perubahan dalam SEO lokal.

Big Daddy - Desember 2005

Secara teknis, Big Daddy adalah update infrastruktur (seperti "Kafein" lebih baru), dan diluncurkan selama beberapa bulan, membungkus pada bulan Maret 2006. Big Daddy mengubah cara Google menangani URL canonicalization, pengalihan (301/302) dan masalah teknis lainnya.

Update 2006

Tambahan Update - November 2006
Sepanjang tahun 2006, Google tampaknya membuat perubahan pada indeks tambahan dan halaman bagaimana disaring dan diperlakukan. Mereka mengklaim pada akhir tahun 2006 yang tambahan itu tidak penalti (bahkan jika kadang-kadang merasa seperti itu).

Salah Alarm - Desember 2006

Ada kepeduliannya tentang pembaruan pada bulan Desember, bersama dengan beberapa laporan dari perubahan peringkat utama pada bulan November, namun Google melaporkan tidak ada perubahan besar.

Update 2007

Universal Search - Mei 2007
Meskipun tidak memperbarui algoritma khas, Google terintegrasi hasil pencarian tradisional dengan Berita, Video, Gambar, lokal, dan vertikal lainnya, secara dramatis mengubah format mereka

Buffy - Juni 2007

Untuk menghormati Vanessa Fox meninggalkan Google, "Buffy" update disahkan. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi, dan Matt Cutts menyatakan bahwa Buffy itu hanya akumulasi perubahan kecil.

Update 2008

Dewey - April 2008
Sebuah perubahan skala besar tampaknya terjadi pada akhir Maret dan ke awal April, tetapi secara spesifik tidak jelas. Beberapa menduga Google mendorong sifat internalnya sendiri, termasuk Google Books, namun bukti yang terbatas.

Google Suggest - Agustus 2008

Dalam perubahan besar untuk logo dan kotak homepage mereka Google memperkenalkan Suggest, menampilkan pencarian disarankan dalam dropdown di bawah kotak pencarian pengunjung diketik permintaan mereka. Menyarankan kemudian akan pergi untuk kekuasaan Google Instant.

Update 2009

Rel-canonical Tag - Februari 2009
Google, Microsoft dan Yahoo bersama-sama mengumumkan dukungan untuk Tag Canonical, yang memungkinkan webmaster untuk mengirim sinyal canonicalization untuk mencari bots tanpa mempengaruhi pengunjung manusia.

Vince - Februari 2009

SEO melaporkan update besar yang tampaknya sangat mendukung merek besar. Matt Cutts menyebut Vince adalah "perubahan kecil", tetapi yang lain merasa itu implikasi jangka panjang yang mendalam.

Caffeine (Preview) - Agustus 2009

Google merilis preview dari perubahan infrastruktur besar-besaran, yang dirancang untuk mempercepat perayapan, memperluas indeks, dan mengintegrasikan indeksasi dan peringkat di hampir real-time. Timeline sepanjang satu bulan, dengan peluncuran akhir mulai di Amerika Serikat pada awal 2010 dan berlangsung sampai musim panas.

Pencarian Real-time - Desember 2009

Kali ini, real-time pencarian adalah untuk real- Twitter feed, Google News, konten baru diindeks, dan sejumlah sumber lain yang diintegrasikan ke dalam feed real-time pada beberapa SERPs. Sumber terus berkembang dari waktu ke waktu, termasuk media sosial.

Update 2010

Google Places - April 2010
Meskipun "Places" halaman yang diluncurkan pada bulan September 2009, mereka awalnya hanya bagian dari Google Maps. Peluncuran resmi Google Places kembali bermerek Pusat Bisnis Lokal, halaman Places terintegrasi lebih erat dengan hasil pencarian lokal, dan menambahkan sejumlah fitur, termasuk pilihan iklan baru lokal.

May Day - Mei 2010

Pada akhir April dan awal Mei, webmaster melihat penurunan yang signifikan dalam lalu lintas long-tail mereka. Matt Cutts kemudian menegaskan bahwa May Day adalah perubahan algoritma yang berdampak pada long-tail. Situs dengan konten tipis skala besar tampaknya dipukul sangat keras, bayangan update Panda.

Caffeine (Rollout) - June 2010

Setelah bulan pengujian, Google selesai menggelar infrastruktur Caffeine. Caffeine tidak hanya meningkatkan kecepatan mentah Google, namun meng-integrasi perayapan dan indeksasi lebih erat, sehingga (menurut Google) indeks 50% lebih segar.

Brand Update - Agustus 2010

Meskipun tidak update algoritma tradisional, Google mulai memungkinkan domain yang sama untuk tampil beberapa kali di SERP. Sebelumnya, domain terbatas pada 1-2 listing, atau 1 daftar dengan hasil indentasi.

Google Instant - September 2010

Memperluas di Google Suggest, Google Instant diluncurkan, menampilkan hasil pencarian sementara permintaan sedang diketik. SEO di mana-mana hampir secara spontan dibakar, hanya untuk menyadari bahwa dampak pada akhirnya cukup kecil.

Instant Previews - November 2010

Sebuah ikon kaca pembesar muncul di hasil pencarian Google, memungkinkan pengunjung untuk pencarian cepat melihat preview dari halaman arahan langsung dari SERPs. Ini menandakan fokus baru untuk Google pada mutu laman landas, desain, dan kegunaan.

Sinyal sosial - Desember 2010

Google dan Bing menegaskan bahwa mereka menggunakan sinyal sosial dalam menentukan peringkat, termasuk data dari Twitter dan Facebook. Matt Cutts mengkonfirmasi bahwa ini adalah perkembangan yang relatif baru bagi Google, meskipun banyak SEO telah lama dicurigai itu akan terjadi.

Ulasan negatif - Desember 2010

Setelah mengekspos di New York Times tentang bagaimana situs e-commerce DecorMyEyes mendapat peringkat berdasarkan ulasan negatif, Google membuat langkah langka dan reaktif disesuaikan algoritma untuk menargetkan situs yang menggunakan taktik serupa.

Selanjutnya...

Artikel Terkait dengan Algoritma Google

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 10.52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger