Cara Membuat Posting Blog Tidak Bisa di Copy Paste

Cara Membuat Artikel atau Posting Blog Tidak Bisa di Copy Paste - Beberapa hari lalu, saya menemukan blog lain menampilkan artikel yang SAMA PERSIS dengan artikel yang telah saya publish beberapa waktu yang lalu termasuk gambar dan link didalamnya, tidak itu saja sampai dengan tahun dan bulan diterbitkan juga sama.

cara membuat posting blog tidak bisa di copy paste

Siapa yang tidak kesel dengan hal tersebut? Padahal blogoonline bukan blog yang terkenal juga kan? Wong diluar sana juga masih banyak blog yang lebih hebat dari blog ini. Tapi pencurian konten tetap tidak bisa dibiarkan, untuk itulah sekalian saja saya sharing cara membuat posting blog agar tidak bisa di copy paste.

Cara yang akan saya sharing ini menggunakan CSS agar tidak memberatkan loading blog sobat, meskipun apabila di cek pada validasi CC3 akan ada peringatan warning, akan tetapi cara ini sama sekali tidak berpengaruh pada SEO blog sobat. Ada dua cara untuk memproteksi posting blog supaya tidak di copy paste.

Cara Membuat Posting Blog Tidak Bisa di Copy Paste secara Keseluruhan

Untuk cara pertama ini, sobat akan memproteksi posting blog secara keseluruhan. Artinya, seluruh posting tidak dapat di blok untuk di copy paste.

Dan, berikut cara membuatnya :

1. Login ke "Dashboard" blog
2. Pilih menu "Template" dan klik "Edit Template"
3. Cari kode ]]></b:skin>
4. Letakkan kode berikut diatas kode tersebut

body{ user-select: none; -webkit-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; -khtml-user-select: none; }

5. Klik "Save Template"
6. Selesai

Cara diatas biasanya agak merepotkan jika artikel sobat menyajikan kode-kode HTML yang di quote seperti diatas yang justru perlu menggunakan fasilitas copy paste supaya memudahkan pengunjung yang membutuhkan kode tersebut. Nah untuk itu, maka sobat perlu memproteksi posting blog hanya sebagian saja dan memberikan pengecualian pada bagian tertentu seperti contoh quote diatas. Untuk itu berikut solusinya.

Cara Membuat Posting Blog Tidak Bisa di Copy Paste dengan Pengecualian

Untuk melakukan proteksi dengan pengecualian seperti penjelasan diatas, sobat perlu melakukan langkah-langkah berikut :

1. Login ke "Dashboard" blog
2. Pilih menu "Template" dan klik "Edit Template"
3. Cari kode ]]></b:skin> atau </style>
4. Letakkan kode berikut diatas kode tadi

.post-outer { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }

5. Untuk melakukan pengecualian, letakkan kode berikut diatas kode ]]></b:skin> atau </style>

.post blockquote,.post pre,.post code{ -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }

6. Simpan perubahan template sobat.

Dengan menerapkan cara membuat artikel atau posting blog tidak bisa di copy paste diatas, sekarang artikel blog ini tidak bisa di blok untuk di klik kanan+copy atau di CTRL+C. Akan tetapi jika ada quote masih tetap bisa di copy paste, tidak percaya? Silahkan dicoba ya..

Artikel Terkait dengan Tutorial Blogging

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 20.05

2 komentar:

  1. aduh gan, mohon pencerahan dong

    untuk dengan pengecualian

    kok tetap masih bisa di blok ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih mas Arreza..?

      Untuk yang pengecualian, kedua kodenya (baik yang keseluruhan maupun yang pengecualian) dicopy-paste semua. Dan ditempatkan di atas kode b:skin..

      Hapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger