Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Google

Mungkin banyak dari para master seo yang sudah mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi blog agar dapat bertengger di posisi terbaik di mesin pencari google. Tapi bagi teman-teman yang masih baru apalagi yang masih pemula, mungkin perlu mengetahui informasi ini. Ya, faktor yang dapat mempengaruh peringkat google pada sebuah blog menjadi sebuah keharusan untuk dimengerti oleh teman-teman.

google ranking factors

Berikut ini daftar lengkap faktor yang mempengaruhi peringkat google

Faktor yang Berkaitan dengan Domain

1. Usia Domain
Meskipun sebenarnya usia domain tidak terlalu mempunyai pengaruh besar.

2. Kata Kunci muncul pada Top Level Domain
Menggunakan teknik ini bukan berarti akan meningkatkan lonjakan, tapi meletakkan kata kunci pada domain merupakan sebuah tindakan yang memberi sinyal relevansi.

3. Kata Kunci pada Kata Pertama Domain
Menurut Moz pada tahun 2011, domain yang kata pertama-nya menggunakan kata kunci tertarget memiliki keunggulan apabila dibanding dengan kata kunci pada domain yang terletak ditengah atau diakhir, terlebih lagi bila dibanding dengan situs yang tidak menggunakan kata kunci sama sekali pada domain-nya.

4. Masa Kontrak Domain
Maksudnya, domain dengan masa kontrak langsung dengan jangka waktu yang panjang akan di nilai lebih berharga dan sah oleh google jika dibandingkan dengan masa kontrak yang hanya satu tahun.

5. Kata Kunci di Subdomain
Moz juga sepakat jika kata kunci digunakan pada nama subdomain dapat membantu meningkatkan peringkat.

6. Sejarah Domain
Sebuah situs dengan kepemilikan volatil (via whois) bisa membuat google melakukan reset pada sejarah situs termasuk menghapus link yang mengarah pada domain.

7. Exact Match Domain
EMD masih bisa memberikan keunggulan jika situs memiliki kualitas bagus, tapi jika kualitas situs rendah maka akan sangat rentan terhadap update EMD.

8. Public vs Private WhoIs
Menggunakan layanan private whois akan dianggap menyembunyikan sesuatu. Keterbukaan informasi pemilik situs dapat meningkatkan reputasi nama pemilik dan blog dalam satu waktu, begitu juga sebaliknya.

9. Penalized Pemilik Whois
Apabila google mengidentifikasi orang tertentu sebagai spammer masuk akal bahwa mereka akan meneliti situs lain yang dimiliki oleh orang tersebut.

10. Extensi TLD Negara
Menggunakan domain dengan extensi negara dapat membantu meningkatkan peringkat situs pada negara tertentu, namun penggunaan extensi negara dapat membatasi kemampuan situs untuk peringkat global.

Faktor yang Berkaitan dengan Halaman

11. Kata Kunci pada Judul
Judul/ Title tag merupakan salah bagian dari dua bagian penting dalam web konten (selain isi/ konten itu sendiri), oleh karena itu meletakkan kata kunci pada judul/ title tag merupakan bentuk pengiriman sinyal kuat SEO On-page.

12. Judul dimulai dengan Kata Kunci
Menurut data Moz, judul yang dimulai dengan kata kunci cenderung mendapatkan performa bagus jika dibandingkan dengan kata kunci yang berada pada akhir judul.

13. Kata Kunci dalam Keterangan/ Description
Sinyal relevansi lagi. Meskipun sekarang sudah tidak penting saat ini, namun meletakkan kata kunci dalam description bisa membuat perbedaan.

14. Kata Kunci di Tag H1
Tag H1 merupakan "judul kedua" yang dikirimkan pada Google sebagai bentuk sinyal relevasi lagi.

15. Kata Kunci adalah frase yang sering digunakan dalam dokumen
Memiliki kata kunci yang lebih sering muncul daripada yang lain, dianggap sebagai sinyal relevansi.

16. Panjang Konten
Konten dengan jumlah kata yang panjang dapat mencakup isi yang lebih luas termasuk didalamnya adalah kata kunci dan konten dengan jumlah kata yang panjang lebih banyak disukai. Selain itu, menurut SERPIQ bahwa konten dengan jumlah kata yang panjang berkorelasi dengan posisi SERP.

17. Kepadatan Kata Kunci
Meskipun tidak sepenting dahulu, kepadatan kata kunci masih digunakan oleh google untuk menentukan sebuah topik halaman web. Tapi jangan melakukannya secara berlebihan, karena justru dapat menjadi boomerang bagi blog teman-teman.

18. Kata Kunci Latent Semantic Indexing (LSI) di Konten
Kata kunci LSI membantu mesin pencari meng-ektrak makna dari kata-kata dengan makna lebih dari satu (Apple perusahaan komputer vs buah). Ada atau tidaknya LSI mungkin bertindak sebagai sinyal kualitas konten.

19. Kata Kunci LSI pada Judul dan Deskripsi
Seperti pada konten, kata kunci LSI pada judul dan deskripsi mungkin membantu google untuk membedakan antara sinonim. Mungkin juga bertindak sebagai relevansi.

20. Halaman Loading Speed melalui HTML
Baik Google dan Bing menggunakan kecepatan loading halaman sebagai faktor peringkat. Spider mesin pencari dapat memperkirakan kecepatan situs Anda cukup akurat berdasarkan kode halaman dan filesize.

21. Duplikat Konten
Konten yang identik/ mirip di situs yang sama (meskipun dengan sedikit modifikasi) bisa berpengaruh negatif terhadap visibilitas mesin pencari.

22. Rel = Canonical
Ketika digunakan dengan benar, penggunaan tag ini dapat mencegah Google dalam mempertimbangkan halaman duplikat konten.

23. Halaman Loading Speed melalui Chrome
Google juga dapat menggunakan data pengguna Chrome untuk mendapatkan pegangan yang lebih baik pada halaman waktu loading karena ini memperhitungkan kecepatan server, penggunaan CDN dan sinyal kecepatan situs non HTML yang berkaitan lainnya.

24. Optimasi Gambar
Gambar di halaman situs mengirim sinyal kepada mesin pencari tentang relevansi penting melalui nama file, alt teks, judul, deskripsi dan keterangan.

25. Kemutakhiran Update Konten
Update yang baru saja dilakukan oleh Google Kafein yang bisa dinikmati adalah update konten, terutama untuk pencarian sensitif terhadap waktu. Menyoroti pentingnya faktor ini, Google menunjukkan tanggal dari halaman update terakhir untuk halaman tertentu.

26. Kehebatan Update Konten
Pentingnya suntingan dan perubahan juga termasuk faktor kesegaran konten. Menambahkan atau menghapus seluruh bagian merupakan update yang lebih penting daripada beberapa urutan kata.

27. Sejarah Perbaharuan Halaman Update
Seberapa sering halaman diperbaharui dari waktu ke waktu? Harian, mingguan, bulanan, 5 tahun-nan? Frekuensi update halaman juga berperan dalam kesegaran halaman tersebut.

28. Keyword Prominence
Memiliki kata kunci yang muncul dalam 100 kata pertama dari isi halaman tampaknya menjadi sinyal relevansi yang signifikan.

29. Kata Kunci pada Tag H2, H3
Mempunyai kata kunci yang muncul pada format sub judul di H2 atau H3 mungkin merupakan sinyal relevansi meskipun lemah.

30. Kata Kunci Berdasarkan Order Kata
Sebuah kata yang sama persis dari kata kunci yang di cari oleh pencari di dalam halaman konten umumnya memiliki peringkat yang lebih baik dari frase kata kunci yang sama dalam urutan yang berbeda. Maksudnya adalah lebih baik menggunakan kata kunci yang sesungguhnya lebih baik daripada menggunakan frase kata kunci meskipun memiliki arti yang mirip.

31. Link Keluar yang Berkualitas
Banyak pendapat SEO yang percaya bahwa mengkaitkan konten dengan situs otoritas membantu mengirimkan sinyal kepercayaan kepada Google.

32. Tema Link Keluar
Menurut Moz, mesin pencari dapat menggunakan konten dari halaman yang anda beri link sebagai relevansi. Misalnya, anda punya artikel tentang mobil yang me-link ke artikel tentang film, maka ini mungkin bisa memberitahu google bahwa artikel anda tentang film mobil bukannya mobil automotif.

33. Tata Bahasa dan Ejaan
Tata bahasa dan ejaan yang bagus merupakan sinyal kualitas.

34. Sindikat Konten
Jika ada artikel yang tidak asli pada sebuah halaman dan mengambil dari artikel yang sudah terindex, maka artikel tersebut tidak akan mendapat peringkat seperti yang asli.

35. Konten Tambahan yang Bermanfaat
Menurut google berdasarkan Dokumen Pedoman Google Rater, konten tambahan yang bermanfaat merupakan indikator kualitas suatu halaman dan dapat berpengaruh pada peringkat. Contohnya seperti konverter mata uang, kalkulator bunga kredit dan resep interaktif.

36. Jumlah Outbond Link
Jumlah outbond link berjenis dofollow yang terlalu banyak memungkinkan terjadi "kebocoran" pagerank, yang dapat mempengaruhi pagerank sebuah halaman.

37. Multimedia
Gambar, video dan elemen multimedia lainnya kemungkinan dapat di indikasikan sebagai tanda konten yang berkualitas.

38. Jumlah Internal Link ke Halaman lain
Jumlah internal link ke halaman lain mengindikasikan kepentingan yang relatif ke halaman lain dalam web/ blog.

39. Kualitas Internal Link ke Halaman lain
Internal link dari halaman otoritas dalam domain mempunyai efek lebih kuat daripada halaman dengan PR rendah atau tanpa PR.

40. Link Rusak
Memiliki terlalu banyak link rusak pada halaman mungkin menjadi sebuah tanda bahwa halaman sebuah situs diabaikan atau ditinggalkan. Dokumen Panduan Rater Google menggunakan link rusak sebagai salah satu poin untuk menilai kualitas sebuah homepage.

41. Tingkat Pembaca
Tidak ada keraguan bahwa Google memperkirakan tingkat pembaca halaman web. Masih ada perdebatan informasi mengenai informasi tingkat pembaca, beberapa pendapat menyatakan bahwa tingkat dasar pembaca akan membantu peringkat halaman karena dapat menarik massa. Namun, Linchpin SEO menemukan bahwa tingkat pembaca adalah salah satu faktor yang memisahkan antara situs berkualitas dan pabrik konten.

42. Link Afiliasi
Afiliasi link sendiri tidak akan berpengaruh terhadap peringkat blog, tapi jika terlalu banyak algoritma google akan memperhatikan kualitas siyal lain untuk memastikan bahwa blog anda bukan situs afiliasi.

43. Kesalahan HTML/ Validasi W3C
Banyaknya kesalahan HTML atau kecerobohan koding mungkin merupakan tanda situs dengan kualitas buruk. Masih menjadi kontroversi, banyak di SEO berpikir bahwa validasi W3C adalah sinyal kualitas rendah.

44. Halaman Host Domain Authority
Sebuah halaman dengan semua hal yang sama pada domain otoritatif akan lebih tinggi dibanding sebuah halaman pada domain dengan otoritatif rendah.

45. Halaman PageRank
Tidak ada korelasi yang pasti. Tapi secara umum, halaman PR lebih tinggi cenderung memiliki peringkat lebih baik dari halaman PR rendah.

46. Panjang URL
Search Engine Journal mencatat bahwa URL yang terlalu panjang mungkin mempengaruhi visibilitas pencarian.

47. URL Path 
Halaman yang dekat ke homepage mungkin mendapatkan dorongan otoritas sedikit.

48. Editor Manusia 
Meskipun tidak pernah dikonfirmasi, Google telah mengajukan paten untuk sistem yang memungkinkan editor manusia untuk mempengaruhi SERPs.

49. Halaman Kategori 
Halaman kategori yang muncul adalah sinyal relevansi. Halaman itu bagian dari kategori terkait erat harus mendapatkan dorongan relevansi dibandingkan dengan halaman yang diajukan di bawah kategori terkait atau kurang terkait.

50. WordPress Tags 
Tag adalah sinyal relevansi WordPress spesifik.

51. Kata Kunci pada URL
Sinyal relevansi penting lainnya.

52. URL String
Kategori dalam URL string dibaca oleh Google dan dapat memberikan sinyal tematik tentang sebuah halaman.

53. Referensi dan Sumber
Mengutip referensi dan sumber seperti yang dilakukan pada makalah penelitian, mungkin menandakan kualitas. Pedoman Mutu Google menyatakan bahwa pengulas harus mengawasi sumber keluar ketika melihat halaman tertentu.

54. Bullets and Numbered
Bullets and Numbered membantu memecah konten untuk pembaca, membuat menjadi lebih user friendly. Kemungkinan Google setuju dan memilih konten dengan bullets and numbered.

55. Prioritas Halaman di Sitemap
Prioritas halaman yang diberikan dari file sitemap.xml dapat mempengaruhi peringkat.

56. Terlalu Banyak Outbound Link
Beberapa halaman memiliki cara masing-masing, menggunakan cara terlalu banyak outbound link/ link keluar, bisa menutupi halaman dan mengganggu Konten Utama

57. Jumlah dari Kata Kunci Lain pada Peringkat Halaman

Jika peringkat halaman untuk beberapa kata kunci lain mungkin memberikan Google tanda internal berkualitas.

58. Umur Halaman 

Meskipun Google lebih suka konten segar, halaman yang lebih tua yang secara teratur diperbarui dapat mengungguli halaman baru.

59. Tata Letak yang User Friendly 

Mengutip Google Panduan Kualitas Dokumen lagi :

     "Tata letak halaman di halaman kualitas tertinggi membuat Konten Utama segera terlihat"

60. Parkir Domain

Pembaruan Google pada bulan Desember 2011 mengalami penurunan visibilitas mencari parkir domain.

61. Isi yang Bermanfaat
Seperti yang ditunjukkan oleh Backlinko pembaca Jared Carrizales, Google dapat membedakan antara "kualitas" dan konten "berguna".

Situs-Level Faktor

62. Konten Menyediakan Nilai dan Wawasan Unik

Google telah menyatakan bahwa mereka pada berburu untuk situs yang tidak membawa sesuatu yang baru atau berguna ke pengunjung, terutama situs afiliasi tipis.

63. Halaman Kontak

Dokumen Google Kualitas tersebut menyatakan bahwa mereka lebih memilih situs dengan "jumlah yang tepat dari informasi kontak". Bonus seharusnya jika informasi kontak Anda sesuai informasi whois Anda.

64. Kepercayaan / TrustRank Domain 

Situs kepercayaan - diukur dengan berapa banyak link situs Anda pergi adalah dari situs benih yang sangat-terpercaya - adalah faktor peringkat besar-besaran penting.

65. Site Arsitektur 

Sebuah baik menempatkan bersama-sama-arsitektur situs (terutama struktur silo) membantu Google tematis mengatur konten Anda.

66. Update Situs
Seberapa sering situs diperbarui (dan terutama ketika konten baru ditambahkan ke situs) merupakan faktor kesegaran situs.

67. Jumlah Halaman

Jumlah halaman situs memiliki adalah tanda lemahnya otoritas. Setidaknya situs besar membantu membedakannya dari situs afiliasi tipis.

68. Kehadiran Sitemap

Sebuah sitemap membantu mesin pencari mengindeks halaman situs/ blog sobat lebih mudah dan lebih teliti, meningkatkan visibilitas.

69. Situs Uptime

Banyak downtime dari pemeliharaan situs atau masalah server mungkin berakibat pada peringkat sobat (dan bahkan dapat mengakibatkan deindexing jika tidak diperbaiki).

70. Lokasi Server

Lokasi Server dapat mempengaruhi di mana situs sobat peringkat di wilayah geografis yang berbeda. Terutama penting untuk pencarian-geo tertentu. 

71. SSL Certificate
Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengindex sertifikat SSL dan mereka menggunakan HTTPS sebagai sinyal peringkat.

72. Halaman Ketentuan Layanan dan Privasi
Dua halaman membantu memberitahu Google bahwa situs adalah anggota yang dipercaya di internet.

73. Duplikat Meta Informasi On-Site
Informasi meta yang ada dua di situs Anda dapat menurunkan semua visibilitas halaman Anda.

74. Breadcrumb Navigation
Ini adalah gaya yang user-friendly situs-arsitektur yang membantu pengguna (dan mesin pencari) tahu di mana mereka berada di situs. SearchEngineJournal.com dan Etis SEO Consulting mengklaim bahwa set-up ini dapat menjadi faktor peringkat.

75. Mobile Optimized
Sikap resmi Google di ponsel adalah untuk membuat situs responsif. Kemungkinan bahwa situs responsif mendapatkan pencarian dari perangkat mobile. Bahkan, mereka sekarang menambahkan "Mobile friendly" tag ke situs yang tampil baik pada perangkat mobile. Google juga mulai menghukum situs di Mobile search yang tidak mobile friendly.

76. YouTube
Tidak ada keraguan bahwa video YouTube diberi perlakuan istimewa di SERPs (mungkin karena Google memiliki itu). Bahkan, Search Engine Land menemukan bahwa lalu lintas YouTube.com meningkat secara signifikan setelah Google Panda.

77. Site Usability

Sebuah situs yang sulit untuk menggunakan atau untuk menavigasi dapat menyakiti peringkat dengan mengurangi waktu di situs, halaman yang dilihat dan tingkat bouncing. Ini mungkin merupakan faktor algoritmik independen diperoleh dari sejumlah besar data pengguna.

78. Gunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools

Beberapa orang berpikir bahwa memiliki kedua program yang diinstal pada situs Anda dapat meningkatkan pengindeksan halaman Anda. Mereka juga dapat langsung mempengaruhi peringkat dengan memberikan Google lebih banyak data untuk bekerja (mis. Tingkat bouncing yang lebih akurat, apakah Anda mendapatkan lalu lintas referall dari backlink Anda dll).

79. Ulasan Pengguna/ Reputasi Situs

Sebuah situs yang ada di situs review seperti Yelp.com dan RipOffReport.com mungkin memainkan peran penting dalam algoritma

Faktor Backlink  

80. Menghubungkan Domain Age
Backlink dari domain berusia mungkin lebih kuat daripada domain baru.

81. Link dari Root Domain
Jumlah domain yang merujuk pada situs/ blog adalah salah satu faktor peringkat paling penting dalam algoritma Google.

82. Link dari IP C-Class T
erpisah
Link dari alamat kelas c IP terpisah menunjukkan seberapa luas situs yang terhubung ke Anda.

83. Link dari Halaman

Jumlah link halaman - bahkan jika beberapa berada di domain yang sama - merupakan salah satu faktor peringkat.

84. Alt Tag (untuk Gambar Links)

Teks Alt adalah versi gambar tentang jangkar teks.

85. Link dari Edu atau .gov Domain

Matt Cutts menyatakan bahwa TLD bukan faktor penting sebuah situs. Namun, itu tidak menghentikan SEO dari pemikiran bahwa ada tempat khusus di algo untuk .gov dan .edu TLDs. 

Demikian faktor yang bisa mempengaruhi peringkat google untuk blog teman-teman. Semoga daftar diatas bisa membantu blog teman-teman mendapatkan peringkat lebih baik di halaman google.

Artikel Terkait dengan Belajar SEO

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 12.24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger