Apa itu Niche Blog, Pengertian, Keuntungan dan Cara Memilih Niche

Beberapa blogger yang masih awam mungkin akan bingung dengan pengertian niche blog dan bertanya apa itu niche blog? Apa pentingnya niche blog? Bukankah blog biasa saja sudah cukup untuk aktifitas blogging? Memang benar, pertanyaan tersebut tidak salah. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

Apa itu Niche Blog?
Niche blog adalah blog yang membahas satu topik saja bukan topik yang beragam dalam satu blog.

Jenis Niche Blog
Untuk lebih mudah dalam memahami niche blog, berikut keterangan beserta contohnya :

1.  Whole Niche
Whole niche adalah blog niche yang membahas jangkauan topik yang luas. Misalnya, topik mobil. Maka anda akan membahas masalah mobil secara menyeluruh, baik itu interior maupun ekterior. Tentunya akan banyak hal yang akan dibahas bukan?

2.  Broad Niche
Broad niche adalah blog niche yang membahas topik yang luas tapi tidak menyeluruh. Misalnya, jika topik mobil yang dipilih maka blog niche ini membahas bagaimana memodifikasi mobil.

3.  Themed Niche
Themed niche adalah blog niche yang membahas topik pada satu bidang. Misal dari contoh mobil, anda memilih bidang interiornya saja.

4.  Micro Niche
Micro niche adalah blog niche yang membahas topik lebih sempit sehingga lebih detail. Misal dari contoh mobil, anda memilih bidang jok mobil.

Apa itu Niche Blog, Keuntungan dan Cara Memilih Niche
Keuntungan Niche Blog
Apabila dibandingkan dengan blog yang membahas mengenai topik yang beragam atau campur-campur, niche blog memiliki beberapa keuntungan tersendiri dan beberapa diantaranya yaitu :

• Pengunjung yang tertarget. Ya, otomatis pengunjung anda adalah orang-orang yang khusus mencari informasi mengenai topik yang anda sajikan tersebut. Sehingga memang benar-benar tertarget sekali pengunjung blognya.

• Lebih mudah untuk menguasai niche. Meskipun mungkin anda bukan ahli dalam niche tersebut, namun jika anda mampu memberikan informasi yang dibutuhkan dan bisa membantu memecahkan masalah pengunjung bukan tidak mungkin blog anda akan bisa menguasai niche dan bahkan akan menjadi blog rujukan pada waktunya nanti.

• Lebih mudah dalam optimasi seo. Dengan kata kunci yang tertarget, akan lebih mudah dalam mengoptimasi blog. Karena hanya seputar itu saja kata kunci yang diperlukan.

• Lebih optimal dalam monetasi. Niche yang tertarget dengan pengunjung tertarget akan lebih mengoptimalkan jasa iklan yang tertarget juga. Pengiklan juga akan lebih senang karena pengunjung blog memang orang yang sedang mencari informasi tersebut dan kemungkinan produk dari pengiklan bisa saja laku dengan pengunjung tersebut.

Cara Memilih Niche Blog
Untuk memilih niche blog anda harus jeli mengamati hal-hal kecil disekitar, karena hal kecil biasanya banyak dilupakan atau kurang diperhatikan orang kebanyakan. Bila anda merasa belum bisa, berlatihlah selalu untuk hal itu. Lama kelamaan anda akan mempunyai insting dalam menentukan niche blog. Seperti contoh diatas, jika anda perhatikan dalam usaha disekitar kita, usaha jok mobil memang benar-benar ada bukan? Nah, anda bisa mencoba dengan melihat usaha-usaha yang mirip dengan jok mobil.

Langkah selanjutnya, lakukan riset keyword dan long tail keyword agar anda bisa tepat menentukan nama domain dari blog anda. Demikian artikel apa itu niche blog, keuntungan dan cara memilih niche blog, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait dengan iNet

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 11.58

3 komentar:

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger