Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari internet salah satunya adalah dengan cara membuat blog. Saat ini cara mendapatkan uang dari blog sudah semakin banyak pilihannya, tinggal bagaimana kita mengelola blog tersebut. Bukan masalah lagi apakah ingin menghasilkan uang dari blog gratisan atau dari blog berbayar, pada intinya semua bisa menghasilkan uang lewat blog. Yang membedakan keduanya adalah tampilan dari segi profesionalitas saja. Biasanya blog berbayar akan mendapatkan perhatian lebih dari advertiser (peng-iklan) bila dibandingkan dengan blog gratisan, tapi tidak perlu khawatir karena semua ada solusinya.

Cara membuat blog yang menghasilkan uang bisa dibilang gampang-gampang susah, banyak faktor dan kendala yang mesti dihadapi oleh seorang blogger tapi menjadi gampang (mudah) ketika blog sudah mempunyai pengakuan dan nama, baik itu dari blogger lain ataupun dari google dalam bentuk google pagerank. Karena jika blog telah mendapat pengakuan, berarti blog tersebut kredibilitasnya tidak diragukan lagi meskipun blog tersebut adalah blog gratisan. Jadi bagi anda yang merasa tidak memiliki biaya untuk membuat blog berbayar, anda tetap masih mempunyai kesempatan untuk menghasilkan uang dari blog.

Artikel ini mungkin akan panjang, jika anda tidak suka membaca atau bosan, silahkan tinggalkan saja artikel ini sebelum anda bisa mendapatkan uang dari blog.

Membuat Blog
Seperti halnya merintis usaha, cara menghasilkan uang dari blog tentunya dimulai dari membuat blog hingga sampai pada titik tertentu yang ideal untuk bisa mulai diberdayakan dan memberikan passive income kepada anda.

Cara membuat blog untuk pemula bisa anda pelajari dengan mencari referensi di google bagi anda yang masih pemula. Sementara untuk membangun sekaligus merawat blog, anda dituntut untuk disiplin dan konsisten terlebih diawal-awal blog tersebut lahir (kurang lebih 3-6 bulan pertama).

Berikut ini langkah-langkah membuat blog yang bagus versi blogoonline, yang mungkin bisa anda jadikan referensi atau acuan dalam membuat blog :

1.    Tentukan Tema Blog
Menentukan tema blog akan memudahkan anda kelak ketika akan membuat artikel atau konten dari blog, blog dengan tema tertentu akan lebih baik nilainya dari blog dengan tema campur aduk atau biasa disebut gado-gado.

Pilihlah tema yang banyak dicari oleh pengguna internet, agar kemungkinan blog anda mendapat banyak kunjungan semakin besar. Dengan tingkat kunjungan blog yang besar tentunya akan bisa membuat anda tetap semangat dan termotivasi untuk melakukan aktifitas blogging dalam upaya meraih tujuan yaitu menghasilkan uang dari blog.

Lalu tema apa saja yang biasanya banyak dicari oleh pengguna internet? Mungkin beberapa tema dibawah ini bisa menjadi inspirasi bagi anda yang sedang mencari tema untuk blog anda.

  • Kesehatan, Kebugaran dan Nutrisi
Semakin banyak orang yang kini lebih mengerti dan peduli dengan kesehatan mereka, terlebih dengan semakin maraknya penyakit-penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat seperti stroke dan diabetes.

Tentunya akan banyak orang mencari informasi tentang apa penyebab/ gejala stroke, bagaimana penanganan pasien stroke, apa dan bagaimana melakukan terapi pada pasien stroke dan penyembuhan pasien pasca stroke. Begitu juga dengan informasi penyebab/ gejala diabetes, pantangan makanan pasien diabetes, obat diabetes dan bagaimana penyembuhan pasien diabetes.

Selain contoh diatas, informasi mengenai penggemukan/ pengurusan badan, penuaan dini, makanan sehat dan lain-lain bisa menjadi informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet.

  • Komputer dan Internet
Topik yang membahas mengenai informasi terkait merakit komputer, bagian-bagian dari komputer, keamanan internet, networking dan lain-lain bisa menjadi bahan untuk blog anda.

  • Teknologi dan Peralatan Elektronik
Di tema ini, mungkin akan lebih banyak peminatnya apabila anda bisa membahas topik mengenai gadget. Selain itu, bisa anda ulas juga hal-hal mengenai mobile devices, software dan lain-lain.

  • Fashion dan Kecantikan
Tren fashion, peralatan kecantikan, perawatan tubuh mungkin sebagian topik yang bisa anda bahas bila anda memilih tema ini untuk blog anda.

  • Otomotif
Informasi mengenai modifikasi dan spare part ataupun tempat-tempat untuk mendapatkan spare part bisa juga menjadi ide dasar dari tema dengan topik otomotif yang anda pilih untuk blog anda.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog - Blog Oonline
Tema-tema tersebut, sebagian besar adalah tema atau niche blog yang memberikan potensi klik besar dan masuk dalam kategori High Paying Keyword (HPK) dari Google Adsense.

2.    Pilih Template Blog
Memilih template blog yang seo friendly tentu akan membuat blog anda akan semakin akrab dengan mesin pencari google ataupun yang lain. Ini tentu akan berpengaruh terhadap performa blog anda. Jangan lupakan juga untuk memilih template blog yang fast loading untuk kecepatan akses blog serta template blog yang responsive agar bisa diakses oleh pengunjung yang menggunakan gadget.

3.    Menulis Artikel/ Konten
Membuat artikel yang memberikan solusi terhadap suatu persoalan atau memberikan informasi yang berdasarkan pengalaman praktek akan lebih bermanfaat untuk pengunjung blog anda, dengan demikian diharapkan pengunjung blog akan kembali lagi untuk mencari artikel-artikel yang berguna bagi mereka.

Sampai disini tahapan membuat blog sudah selesai, proses selanjutnya adalah membangun blog. Banyak hal yang harus dilakukan untuk membangun sebuah blog, seperti mencari backlink yang berkualitas, menyebarkan blog ke forum-forum agar blog menjadi semakin diketahui banyak orang termasuk juga ke media social. Dengan semakin banyak orang yang tahu keberadaan blog anda, diharapkan pengunjung blog anda juga akan meningkat.

Syarat Menghasilkan Uang Lewat Blog
Lho ingin menghasilkan uang lewat blog kita sendiri ada syaratnya juga to? Ya, kira-kira seperti itu. Sebenarnya syarat ini berkaitan dengan performa blog kita, karena biasanya advertiser (peng-iklan) akan memilih blog dengan kriteria tertentu dalam penentuan keputusan untuk memasang iklan.

Pada umumnya pihak advertiser akan memilih menempatkan iklan mereka pada blog dengan kriteria :

1.    Blog Self-Hosting (Blog Berbayar)
Biasanya, advertiser akan lebih memilih blog yang berbayar dari pada blog gratisan. Ini disebabkan oleh kebijakan dari blog gratisan yang bisa menghapus blog kapan saja bila blog dianggap melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Tentu saja ini akan sangat merugikan pihak advertiser jika dalam masa kontrak sedang berlangsung kejadian seperti diatas terjadi pada blog kita.

Lain halnya jika membuat blog dengan self-hosting, blog cenderung lebih aman dari peraturan-peraturan yang membatasi seperti diatas. Untuk itulah alasan advertiser lebih memilih blog berbayar daripada blog gratisan dalam menempatkan iklan mereka.

2.    Traffic Blog
Traffic atau tingkat pengunjung blog juga tidak kalah penting jika ingin menghasilkan uang dari blog. Justru traffic blog ini lebih penting bila dibandingkan dengan peringkat alexarank atau pun google pagerank.

Pada umumnya, traffic blog minimal 1.000 per hari yang dijadikan patokan oleh advertiser. Semakin tinggi traffic blog anda, akan semakin tinggi juga angka nominal yang bisa anda tawarkan.

Sementara jenis bisnis yang bisa dijalankan untuk membuat blog yang menghasilkan uang seperti yang dari atas saya sering sebut yaitu :
1.    Iklan Banner Mandiri
2.    Iklan Text Link
3.    Produk Review
4.    Affiliasi

Demikian artikel tentang cara mendapatkan uang dari blog yang panjang dan mungkin membosankan untuk anda baca. Meskipun begitu semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait dengan Bisnis Online

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 11.19

2 komentar:

  1. benar sekali mas, namun yang menjadi kendala adalah penulisan artikel yang original, terkadang masih sulit dilakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Ana, saya rasa semua blogger mengalami hal tersebut ( termasuk saya sendiri ). Untuk itulah diperlukan cara kreatif untuk "mengemas" kembali artikel yang sudah ada, baik artikel dari dalam ataupun luar negeri..

      Hapus

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger