Google Adsense : Pengertian dan Cara Kerja

Bagi blogger pemula mungkin masih awam dan belum faham dengan apa itu google adsense, pengertian dan cara kerjanya? Banyak blogger yang sangat penasaran dengan google adsense, mengapa? Karena tidak sedikit yang merasakan penolakan mentah-mentah dari google, tapi mereka tetap mencoba, sebagian mengalami frustasi dan berpikir untuk menghentikan upayanya namun banyak juga yang tetap berusaha untuk bisa di approve google adsense. Inilah yang menjadikan google adsense menjadi fenomenal.

pengertian google adsense dan cara kerja google adsense

Apa itu Google Adsense?

Sebenarnya apa pengertian google adsense itu? Google adsense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh mesin pencari terbesar didunia, Google. Google memberikan fasilitas kepada pemilik produk (iklan) dan pemilik website/ blog untuk melakukan kerjasama yang saling menguntungkan berbasis iklan.

Tahukah sobat?

Bahwa bisnis periklanan merupakan bisnis yang sangat luar biasa, lihat saja televisi nasional kita, rata-rata pendapatan mereka berasal dari iklan yang tayang.

Berapa perputaran uang di bisnis periklanan?

Sama halnya dengan iklan ditelevisi, google menerapkan bisnis periklanan ke dunia online. Dan, benar saja kini google menjadi salah satu perusahaan raksasa di dunia.

Cara Kerja Google Adsense

Ada 4 pihak yang terlibat di dalam lingkaran kerja google adsense yaitu advertiser (pemilik iklan), penyedia layanan iklan, publisher dan konsumen.

Advertiser (pemilik iklan), membutuhkan media untuk mempromosikan produk/ jasa mereka agar lebih banyak dikenal oleh publik sebagai calon konsumen mereka.

Penyedia layanan iklan, mendistribusikan iklan dari advertiser kepada seluruh jaringannya agar produk/ jasa yang dimiliki oleh advertiser menjadi lebih dikenal publik.

Publisher, pemilik situs/ blog sebagai media yang akan digunakan untuk menampilkan iklan agar lebih dekat dengan calon konsumen. Publisher harus mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada Google untuk disetujui menjadi mitra kerjanya. Proses permohonan tidak dikenakan biaya alias gratis, namun begitu situs/ blog yang didaftarkan harus lolos dari kriteria-kriteria yang diberikan oleh pihak Google.

Konsumen, pengunjung yang membutuhkan informasi yang ditawarkan oleh pemilik iklan. Mereka merupakan target yang dimaksud, ketika mereka melakukan klik pada iklan maka pemilik iklan akan dikenakan biaya, sementara publisher akan memperoleh komisi. Dalam hal ini, konsumen tidak perlu membeli produk/ jasa yang tampil dalam iklan tersebut.

Lalu, bagaimana cara kerja google adsense itu sendiri?

Berikut cara kerjanya :

Advertiser mengajukan permohonan untuk memasang iklan pada google melalui jalur khusus dengan nama google adword, setelah memiliki akun google adword mereka akan diberikan pilihan jenis iklan yang akan digunakan untuk promosi yaitu :

Adsense for Content
Layanan iklan adsense for content merupakan iklan yang akan ditampilkan pada halaman blog yang dimiliki oleh publisher, baik itu didalam artikel maupun di sidebar sebuah situs/ blog.

Adsense for Search
Layanan iklan adsense for search akan tampil ketika pengunjung mencari sesuatu dari kotak pencarian yang disediakan oleh publisher di situs/ blog-nya.

Adsense for Video
Layanan iklan adsense for video secara khusus akan tampil pada video yang tampil pada situs berbagi video youtube.

Adsense for Mobile
Layanan iklan adsense for mobile ini lebih khusus lagi, karena tipe iklan jenis ini bisa ditampilkan di perangkat mobile.

Setelah memilih salah satu dari 4 jenis layanan iklan diatas, maka advertiser akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis iklan yang mereka pilih. Google sebagai penyedia layanan iklan akan melakukan filter berdasarkan kata kunci pada iklan yang di request oleh advertiser dan mendistribusikannya sesuai dengan jenis iklan yang telah dipilih oleh pemilik iklan. Publisher akan menayangkan iklan tersebut di situs/ blog mereka dengan dua cara yaitu adsense for content dan adsense for search. Ketika ada pengunjung yang meng-klik iklan, maka publisher berhak mendapatkan komisi sesuai dengan besaran masing-masing jenis iklan.

Cara Daftar Google Adsense

Untuk bisa menjadi publisher google adsense, maka sobat harus mengajukan permohonan atau dalam bahasa lain yaitu mendaftar google adsense. Proses daftar google adsense bisa ditempuh dengan dua cara :

Yang pertama, daftar google adsense menggunakan blog

Syarat untuk mendaftar google adsense yang pertama ini adalah memiliki blog, sobat harus sudah memiliki blog dengan kriteria tertentu agar lebih mudah untuk bisa diterima google adsense.

Yang kedua, daftar google adsense dengan youtube

Proses daftar google adsense yang kedua ini sobat tidak perlu membangun blog terlebih dahulu, namun sobat harus mempunyai video yang diupload ke youtube. Banyak pendapat menyatakan bahwa proses pendaftaran google adsense menggunakan youtube lebih mudah diterima daripada melakukan pendaftaran google adsense menggunakan blog.

Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense

Jika posisi sobat sebagai publisher, maka setiap ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan google adsense yang terpasang di blog sobat maka saat itulah sobat memperoleh komisi dari google adsense, istilahnya Cost Per Click (CPC).

Sementara jika menggunakan video youtube, ketika ada pengunjung yang melihat video milik sobat tanpa menutup iklan yang tampil sesaat sebelum video mulai, maka saat itulah komisi google adsense mengalir ke akun milik sobat.

Bagaimana? Mudah kan?

Apabila sobat berhasil mengumpulkan komisi google adsense sebesar minimal $100, saat itulah sobat bisa melakukan request pengambilan komisi yang menjadi hak sobat dalam pekerjaan ini. Pengambilan bisa menggunakan westernunion atau cek yang akan dikirim ke alamat sobat.

Untuk meningkatkan pendapatan google adsense
Sobat bisa memperbanyak situs/ blog sebagai media untuk menampilkan iklan google adsense. Dengan demikian, sobat akan memperoleh kemungkinan klik yang lebih banyak dari pengunjung seluruh blog yang sobat miliki.

Atau, sobat bisa memperbanyak membuat video untuk diupload ke youtube. Buat video yang menarik/ unik untuk menarik perhatian pengunjung melihat video buatan sobat. Semakin banyak video, kemungkinan pendapatan meningkat juga akan semakin besar.

Kesimpulan

Menjadi publisher google adsense sangatlah menjanjikan, sudah banyak blogger yang berhasil merubah kehidupannya dengan menjadi publisher google adsense. Tingkat kepercayaan advertiser yang tinggi terhadap google membuat google adsense sangat sulit ditandingi oleh pesaingnya, hal ini pula yang membuat para publisher google adsense terasa sangat nyaman karena pembayaran yang sangat aman oleh pihak google sampai saat ini, tidak pernah terjadi cerita miring atau negatif mengenai pembayaran dari google adsense. Untuk itu google adsense sangat layak untuk dijadikan sebuah mesin uang bagi sobat yang memiliki situs/ blog.

Demikian artikel mengenai Google adsense : pengertian dan cara kerja yang bisa saya sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait dengan Google Adsense

Bekti Nugroho G.S
Blog Oonline Updated at: 23.33

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar dengan :

1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tutur bahasa yang sopan dan santun
3. Tidak mencantumkan alamat url apalagi link aktif
4. Sesuai isi artikel ( bukan sekedarnya )

Maaf, komentar akan saya hapus jika tidak sesuai dengan peraturan diatas.

Mohon maaf juga apabila komentar tidak muncul segera, dikarenakan tidak selalu online dan kesibukan offline lainnya. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.


About | Contact | Privacy Policy | Arsip
Copyright © 2014- Blog Oonline - Powered by Blogger